Program Studi Ekonomi Syariah Melakukan Peninjauan Kurikulum Dalam Menjawab Tantangan Dan Kebutuhan Zaman

Share this post on:

Perubahan adalah suatu hal yang perlu untuk kita hadapi bersama-sama secara positif dan terarah. Perkembangan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat maju sedemikian pesatnya dan menuntut semua hal untuk menyesuaikan dengan perubahan tersebut, salah satu yang menjadi keniscayaan dalam berubah adalah dalam dunia pendidikan tidak terkecuali pendidikan tinggi / PT.

Menghadapi perubahan yang mengharuskan semua hal untuk menyesuaikan diri perlu dan butuh untuk diselaraskan semuanya, tidak terkecuali program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis unira malang turut serta menyambut gayung perubahan tersebut. salah satu yang menjadi agenda dalam menjawab perubahan tersebut adalah penyelarasan kurikulum program studi Ekonomi Syariah berbasis OBE yang diselaraskan dengan tuntutan zaman serta kebutuhan.

Kegiatan penyelerasan serta review kurikulum program studi ekonomi syariah ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang melibatkan beberapa aspek dalam penyusunannya, pertama dimulai dengan melibatkan para alumni untuk menjaring masukan serta keahlian yang dibutuhkan khususnya di dunia kerja. Kedua, melibatkan praktisi yang kompeten dan dianggap selaras dengan keilmuwan program studi ekonomi syariah yang mengundang pihak lembaga keuangan dalam hal ini BPRS Bumi Rinjani dan Baznas Kabupaten Malang. Ketiga, pelibatan para akademisi dimulai dari Forum Asosiasi Program Studi Ekonomi Syariah (Forses) wilayah 4 Kopertais Jawa Timur dan para guru besar ilmu ekonomi syariah UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang.

Kegiatan review kurikulum prodi ekonomi syariah ini dilakukan sejak bulan agustus 2022 sampai dengan September 2022. Hasil yang dapat dirasakan dari adanya kegiatan ini bagi program studi ekonomi syariah khususnya dan kedepannya adalah terwujudnya tata kelola yang baik dan terencana sesuai dengan kebijakan dan perubahan yang hendak atau akan dicapai, khususnya dalam mendidik dan turut serta berperan aktif dalam dunia pendidikan, mencerdaskan kehidupan masyarakat bangsa dan negara sesuai dengan kapasitas dan keilmuwan yang dipelajari pada program studi ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis unira malang.

Share this post on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *