Compani Visit – PT. Amerta Industri Otsuka (IAIO)

Share this post on:

Dalam melakukan pembelajaran maupun perkuliahan idealnya kita harus bisa memadukan konsep antara teori dan praktek dengan mengkombinasikan pemahaman tekstual dan kontekstual, salah satunya diantaranya adalah pembelajaran secara langsung seperti yang dilakukan oleh program studi ekonomi syariah dengan melakukan kunjungan company visit ke PT. Amerta Industri Otsuka (AIO) kejayan Pasuruan Jawa Timur.

            Kunjungan ini diikuti oleh semua mahasiswa program studi ekonomi syariah lintas angkatan didampingi oleh beberapa dosen, diantara dosen yang hadir pada kegiatan tersebut diantaranya adalah ibu Ika Rinawati (Wakil Dekan FEB), ibu Ana Nurwakhidah (Pembina Himaprodi), ibu Yuliyanti, bpk. Hari Basuki dan kaprodi Ekonomi Syariah bpk.Fahrur Rozi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa tgl 7 Mei 2022 jam 13.30 WIB, dengan tujuan pengembangan potensi, wawasan dan pengembangan diri serta untuk membangun jejaring dengan pihak luar.

PT. Amerta Industri Otsuka merupakan anak perusahaan otsuka Pharmaceutical.Co,Ltd, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan yang sudah mempunyai nama di negara Jepang. Perusahaan ini berupaya mengenalkan produk-produk kesehatan keseluruh dunia berupa minuman seperti Pocari sweat, Ion Water dan Oronamin C Drink. Produk yang lainnya disamping minuman ada produk makanan ringan seperti soyjoy yang terbuat dari kedelai dan buah-buahan asli.

Company visit pertama yang dikunjungi adalah pabrik soyjoy yang terletak di belakang  gedung pabrik pocari sweat, saat memasuki gedung lobby semua pengunjung diberikan  pin berlogo perusahaan untuk dikenakan selama pelaksanaan kunjungan. Selanjutnya pengunjung dikenalkan dg proses produksi dengan menggunakan mesin canggih terstandarisasi perusahaan dengan melalui tahapan proses mixing, farming, baking, cooling, metal detector, pilow sealing.

Setelah diberikan wawasan seputar proses produksi selanjutnya dilanjutkan naik ke lantai 2, disana pengunjung diberikan permainan berupa game yg bisa diakses secara gratis bagi para pengunjung dan ditambah dengan pengenalan produk soyjoy yang berasal dari bahan baku kedelai dan kanduangan manfaatnya dalam ruangan yang diberi nama soyworld yakni semacam ruangan informasi yang didesain menyerupai pesawat luar angkasa.

Company visit kedua di pabrik pocari sweat, pabrik ini berada diujung paling depan. Pada tahap ini ditemani oleh pegawai PT. Amerta Industri Otsuka (IAIO) dengan diberikan produk pocari sweat dan ditampilkan video pengenalan dan penjelasan ttg produk PT. Amerta Industri Otsuka (IAIO) dan ditutup sesi tanya jawab oleh mahasiswa. Motto dan logo perusahaan ini mengambil slogan “People Creating New Products For Better Health World Wide ” yang menjadi semboyan bagi semua pegawai PT. Amerta Industri Otsuka (IAIO) di seluruh dunia.

            Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka  untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa terkait dengan dunia industri yang tidak bisa didapatkan secara maksimal dibangku perkuliahan dalam kelas, khususnya dari PT. Amerta Industri Otsuka (IAIO). Hasil yang bisa diambil pelajaran dari visit company ini adalah terciptanya nuansa etos kerja, spirit dan pengembangan wawasan sebagai penunjang pembelajaran yang sudah diperoleh di bangku perkuliahan dalam kelas. 

Share this post on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *